Finite Simple Group (of Order Two) mungkin terdengar aneh untuk dijadikan judul sebuah lagu, tapi kenyataannya memang demikian. Lagunya sendiri aku temukan hari ini ketika sedang mencari-cari lagu cinta mellow untuk menyesuaikan dengan mood yang memang sedang sendu. Eh, tak disangka malah ketemu lagu cinta kocak dengan judul ga biasa ini. Kalimat-kalimat dalam lagu ini yang diturunkan dari istilah-istilah matematika, secara kreatif dirangkai oleh penciptanya menjadi keseluruhan lirik yang sangat menghibur. Tetap khas lagu cinta dengan kalimat berbunga-bunga, tapi lain daripada yang lain. Coba saja dibaca sendiri liriknya, dijamin seenggaknya pasti habis ini senyum-senyum sendiri.
The path of love is never smooth
But mine's continuous for you
You're the upper bound in the chains of my heart
You're my Axiom of Choice, you know it's true
But lately our relation's not so well-defined
And I just can't function without you
I'll prove my proposition and I'm sure you'll find
We're a finite simple group of order two
I'm losing my identity
I'm getting tensor every day
And without loss of generality
I will assume that you feel the same way
Since every time I see you, you just quotient out
The faithful image that I map into
But when we're one-to-one you'll see what I'm about
'Cause we're a finite simple group of order two
Our equivalence was stable,
A principal love bundle sitting deep inside
But then you drove a wedge between our two-forms
Now everything is so complexified
When we first met, we simply connected
My heart was open but too dense
Our system was already directed
To have a finite limit, in some sense
I'm living in the kernel of a rank-one map
From my domain, its image looks so blue,
'Cause all I see are zeroes, it's a cruel trap
But we're a finite simple group of order two
I'm not the smoothest operator in my class,
But we're a mirror pair, me and you,
So let's apply forgetful functors to the past
And be a finite simple group, a finite simple group,
Let's be a finite simple group of order two (Oughter: "Why not three?")
I've proved my proposition now, as you can see,
So let's both be associative and free
And by corollary, this shows you and I to be
Purely inseparable. Q. E. D.
Kok bisa ya, nyiptain lirik kaya gini. Siapa sih pencipta dan penyanyi lagunya? Dari hasil googling, ketahuan lah kalo mereka adalah Klein Four Group (nama grupnya juga berasal dari istilah matematika, pusing ga tuh, hihi), sekumpulan mahasiswa pasca sarjana di departemen matematika Northwestern University. Awalnya mereka cuma iseng, dan membentuk grup akapela ini hanya untuk mengisi acara-acara di departemen mereka. Tapi ternyata lirik lagu mereka yang kocak sangat disukai, dan dengan segera video mereka menjadi video yang paling sering diforward di internet (pada bulan Mei 2005). Kalau mau tahu lebih detil, mereka bisa ditemukan di sini.
Nah, udah penasaran dengan lagunya? Ini dia..
Kocak kan? Hehe.. Semoga terhibur!
hoho puyeng aku bacanya...berasa belajar matematika kala sma dulu^^... hihi mereka tu kurang kerjaan banget apa ya padahal udah pascasarjana juga... selingan yang jadi rejeki
ReplyDeleteHaha, tapi kerena ya, mereka nyanyinya juga bagus :)
ReplyDeletekreatif banget ya..
ReplyDeleteudah komen di tempat lain,
ReplyDeletedisini numpang ngetik aja,
hehehe
kelewat genius tuh pasti matematikanya.....brilian banget. original.
ReplyDeleteHahaha superb! Creativity has no limit :D
ReplyDelete